Saturday, November 10, 2012

Operasi Modify Objek 3D

Operasi Modify

            Boolean merupakan operasi matematika yang artinya beririsan.

1.Union 

Union merupakan fungsi Boolean dimana objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu bagian atau satu objek yang utuh. Nah anda juga dapat menggabungkan beberapa buah objek menjadi satu buah objek yang utuh. Objek yang telah di union akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati dalam melakukan union, cek terlebih dahulu objek yang akan kita union pastikan tidak ada lagi yang salah.

1.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
 
2.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Union
      
3. Hasil dari Union



2. Intersection
Intersection merupakan fungsi Boolean dimana objek A yang bersentuhan atau beririsan dengan objek B diambil menjadi sebuah objek yang baru. Fungsi ini biasanya saya guanakn untuk menggambar komponen-komponen pada mesin. Nah untuk lebih gampangnya akan saya jelaskan dengan gambar berikut :

1.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube

2.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Intersection


  
            3. Hasil dari Intersection



3.Subtraction

Subtraction merupakan fungsi Boolean dimana objek A dipotong atau dikurangi oleh besarnya bagian dari objek B yang bersentuhan langsung dengan dengan objek A. Fungsi ini biasanya kita pakai untuk beberapa bagian mesin dan membuat rumah. Contoh untuk rumah nanti akan kita pakai membuat kusen jendela atau dinding rumah. Untuk lebih jelasnya coba kita perhatikan gambar dibawah ini ,tapi dalam Autodesk Maya 2013 ini dinamakan Difference

 1.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
   
2. Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Difference
 
3.Hasil dari Subtraction/Difference



4.Cut

.Cut adalah salah satu teknik untuk memotong sebagian objek tanpa harus menghapus keseluruhan dari objek tersebut..dalam Autodesk Maya 2013 Cut Faces Tools namanya perintah untuk memotong sebuah objek.Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.Buat sebuah objek Poligon..yaitu Sphere:



2.Pilih Perintah Edit mesh -> Cut Faces Tools

3.Kita tentukan garis yang kita potong dalam objek

4.Lihat Option Box-> Inputs->Ganti Delete Faces Menjadi On
5.Hasil dari Cut

 sumber: http://frozenprogramming.blogspot.com

Modifier Objek Bend, Twist, dan Extrude

Modifier Objek
A. BEND
Digunakan untuk membengkokkan objek 3 dimensi.
langkah – langkahnya yaitu :
1. Buatlah sebuah objek Tube dengan ukuran Radius 1 = 20, Radius 2 = 30, dan
Height = 100.
2. Klik select object lalu pilih objek Tube tersebut.
3. Pada Command Panel klik tab menu Modifier List, kemudian pilih ikon Bend

                                                                                                      
4. Pada parameters Bend isilah kotak Angle dengan nilai 60.
5. Pilih Bend Axis Z.

Keterangan :
_ Angle : Sudut pembengkokan terhadap bidang vertikal.
_ Direction : Arah putar pembengkokan terhadap bidang horizontal.
_ Bend Axis : Sumbu acuan pembengkokan.
_ Limits : Batas pengaruh terhadap pembengkokan.


 

B. TWIST
Modifier Twist merupakan fasilitas untuk memuntir objek 3 dimensi.
Langkah – langkahnya yaitu :
1. Buatlah sebuah objek Box pada Top Viewport dengan parameters Length=40,
Width=40, dan Height=100.
2. Klik select object lalu pilih objek Box tersebut.
3. Pada Command Panel klik tab Modify lalu klik menu Modifier List, kemudian
pilih ikon Twist.

4. Ubahlah nilai Angle dari parameters Twist dengan nilai 90 dan Twist Axis Z.

Hasil Modifier Twist


  
C. EXTRUDE(Autodesk maya 2013)
Extrude ini digunakan untuk membuat ketebalan dari objek 3d tersebut.
Langkah – langkahnya yaitu :
1.Buatlah sebuah Objek Poligon misalkan Cube
 
2.Klik objek dan klik kanan pada mouse..pilih face untuk memilih sisinya

3.Lalu pilih Edit Mesh->lalu Klik Extrude
 
4.Hasil Dari Extrude
 
Thanks to : Hanif A G

Friday, November 9, 2012

Pengertian Clone, Mirror, dan Array

Pengertian Cloning

Perintah ini digunakan untuk menggandakan objek dengan ukuran dan posisi yang persis sama dengan objek induknya. Oleh karena itu, untuk dapat melihat objek hasil clone, Anda harus mentransformasi objek induk atau objek hasil clone terlebih dahulu.


Pengertian Mirror

Mirror merupakan suatu istilah dimana kita mencerminkan objek menjadi 2 bagian yang sama bentuk. Dengan melihat garis horizontal dan vertikal utama kemudian di representasikan berlawanan terhadap garis utama tersebut atau biasa disebut garis sumbu.
Teknik Mirror biasanya banyak digunakan dalam mendesain objek seperti Mobil, pesawat, dan lain-lain.

Pengertian Array

Fasilitas didalam 3ds Max yang digunakan untuk memperbanyak objek dalam jumlah lebih dari satu. Objek tersebut dapat digandakan dalam jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan. Ada 3 dimensi metode yang digunakan untuk penggandaan objek dengan Array :

*Array 1D
Metode ini objek akan digandakan searah.

*Array 2D
Adalah salah satu metode penggandaan objek terhadap dua sumbu.*

*Array 3D
Adalah salah satu metode penggandaan objek terhadap tiga buah sumbu.

Perbedaan dari ketiganya adalah di koordinat tata letak objek yang dingin digandakan. Kalau clone itu persis sama, kalau mirror itu berhadapan, sedangkan array, bisa kita tentukan sendiri tata letaknya.

Sumber:
http://tugaskuliahridhwan.blogspot.com/2012/11/object-dalam-pemodelan-grafis.html

Pengenalan Objek 2D dan 3D

Mengenal Objek 2D dan 3D
Objek 2D:                                Objek 3D:
  1. Line                                      1. Cube
  2. Circle                                   2. Cylinder
  3. Polygon                               3. Sphere
  4. Arc                                        4. Cone
  5. Text
  6. Ellipse

Sumber:
Catatan pribadi