Wednesday, March 21, 2012

Pengenalan CPanel yg Terdapat Dalam Suatu Web Hosting

Hai udah lama nih ga update, laptop ada tp internet nya ga ada. Hehehe.. Maklum modem jadul yg udah 3 tahun saya pake ternyata mengalami kerusakan yg cukup fatal. Dan skarang sudah benar. (Sekedar informasi).
Kali ini saya akan menjelaskan dari dasar untuk membuat suatu web, eits.. Jangan terburu-buru dahulu. Karena sebelum kita memulai membuat web yang kita butuh kan adalah web hosting untuk meletakan template web kita dimana web tersebut bisa diakses dari seluruh penjuru dunia, bagi kalian yang pengen eksis ga cuma di dalam negeri ini merupakan cara tepat untuk membuat web pribadi dan banyak dikenal orang.
Dan pasti kalian semua telah mengetahui bahwa dalam penyediaan layanan web hosting memiliki fitur yang berbeda. Web hosting yang saya akan gunakan dalam membuat web saya adalah www.heliohost.org kenapa saya memilih heliohost, karena untuk fitur uji coba(layanan gratis) yang diberikan oleh web hosting ini cukup profesional, dimana kita dapat mengakses CPanel dari akun kita mendapatkan bandwith unlimited serta Kapasitas memori yg cukup untuk membuat uji coba web yang telah kita buat untuk dipublikasikan.


Langsung saja, apakah CPanel itu?

cPanel adalah sebuah control panel web hosting pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. cPanel menggunakan 3 tingkat struktur untuk memberikan fungsi administrator, agen, dan pemilik situs web untuk mengatur berbagai macam aspek dari situs web dan administrasi server melalui sebuah penjelajah web standar. Selain memberikan Guide User Interface untuk memudahkan pengguna, cPanel juga dilengkapi dengan perintah dalam teks dan berdasarkan API agar vendor perangkat lunak pihak ketiga, organisasi web hosting dan pengembang untuk automasi sistem standar proses administrasinya.
cPanel didesain untuk berfungsi pada dedicated server ataupun virtual private server yang bisa digunakan pada Sistem Operasi centOS, Red Hat Linux, dan FreeBSD. Aplikasi-aplikasi didukung cPanel termasuk Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.

Kutipan : "Wikipedia"


Cpanel hosting fitur dapat dikelompokkan menjadi empat kategori utama yang fitur situs, email, script dan statistik dan fitur canggih. Cpanel hosting memiliki fitur situs yang tersedia secara luas dikenal sebagai file manager. Hal ini penting bagi seorang individu untuk mengetahui bagaimana untuk membuat, menghapus, dan mengelola file dan folder serta mengedit website Anda dengan mudah.

Beberapa fitur lainnya yang ditemukan dalam kategori yang sama meliputi perlindungan direktori, manajer FTP, administrasi sub domain serta halaman kesalahan. Dengan koneksi internet, seseorang dapat mengakses dan mengelola website mereka dari mana saja setiap saat karena hampir semua panel kontrol dapat diakses melalui internet. Hal ini terutama penting bagi mereka yang terus-menerus memperbarui situs Web mereka karena mereka dapat melakukannya dengan mudah dan nyaman terlepas dari lokasi fisik mereka.

Cpanel hosting berisi script dan fitur statistik bahwa persetujuan untuk array yang luas dari fungsi seperti chat, counter, papan pesan, buku tamu dan fitur lebih lanjut. Ini adalah interaksi yang penting dan alat-alat analisis yang memungkinkan Anda untuk strategi tentang situs web Anda. Perubahan yang dibuat pada situs web apapun yang ditentukan oleh jenis respon dikumpulkan dari berbagai fitur. Di masa lalu memiliki fitur tersebut aktif di website Anda diperlukan pemrograman yang ekstensif dan keterlibatan penyedia. Dalam beberapa kali semua yang seseorang harus lakukan untuk mengaktifkan Cpanel adalah beberapa klik dan mereka siap untuk pergi. Kompetensi dan menghemat waktu merupakan keuntungan dari mengaktifkan fitur karena mereka lebih sederhana dan efektif untuk digunakan.

Fitur Cpanel email hosting memungkinkan untuk pengaturan account email, email forwarding, auto responden, web mail dan mailing list. Untuk dapat mengatur fitur, seseorang harus memiliki dasar kemampuan IT dan memastikan bahwa korespondensi dan komunikasi efektif ke dan dari website Anda. Fitur canggih sebagian besar berguna bagi situs-situs operasi Cpanel reseller hosting. Hal ini karena mereka memungkinkan untuk fungsi-fungsi seperti administrasi sub domain, manajemen situs dan administrasi jaringan. Pengelolaan beberapa situs Web memerlukan individu dengan peningkatan kemampuan TI. Setiap fitur yang tersedia di Cpanel hosting dirancang untuk memberikan manfaat tertentu bagi penyedia, reseller dan klien. Semua pihak harus memahami fitur sehingga untuk memaksimalkan nilai dari paket hosting. Untuk mencapai tujuan ini Cpanel reseller hosting penyedia layanan harus menawarkan informasi yang komprehensif kepada klien mereka.

Lalu bagaimana cara mendaftar di webhosting tersebut? Anda dapat kunjungi www.heliohost.org melakukan registrasi. Saya yakin anda pun dapat melakukan nya karena ini cukup mudah.

Lalu sperti inilah tampilan cPanel tersebut:
Pada awalnya terbuka cPanel kita akan di beri bantuan untuk menggunakan CPanel dengan bantuan atau dengan manual. Jika kita ingin menggunakan bantuan kita akan dipandu, sedangkan jika kita sudah mengerti dasar-dasarnya sebaiknya kita langsung saja berlanjut ke tahap yang lebih lagi.

Dan inilah beberapa layanan yang terdapat pada CPanel:

2 comments:

Unknown said...

wah mantep, dpt ilmu baru. thanks for sharing gan.

ieuwelah blog

Hawt rajpoot said...

Offshore Hosting By #1 Trusted Cheap Offshore Shared Hosting Provider. click site