Thursday, April 12, 2012

Pengertian Enkapsulasi (Pengapsulan) dalam Pemrograman Java

Pengapsulan adalah proses dpemaketan data bersama metode-metodenya. Manfaat utama pengapsulan adalah menyembunyikan rincian-rincian implementasi dari pemakai. Bagian internal objek mempunyai ketampakan terbatas dibanding bagian eksternal objek. Penyusunan seperti ini menjaga bagian internal dari pengaksesan eksternal yang tidak diinginkan.

Bagian eksternal objek sering disebut antarmuka objek karena berlaku sebagai antarmuka objek terhadap objek lain. Karena objek lain harus berkomunikasi dengan objek itu hanya melalui antarmuka maka bagian internal objek dapat dilindungi dari gangguan luar. Karena program luar tidak mengakses implementasi internal objek, implementasi internal dapat berubah tanpa mempengaruhi bagian-bagian program yang lain.

Pengapsulan menyediakan dua manfaat utama bagi pemrogram, yaitu:
  1. Penyembunyian informasi
  • Penyembunyian implementasi (implementation hiding) mengacu perlindungan implementasi internal objek. Objek disusun dari antarmuka public dan bagian private yang merupakan kombinasi data dan metode internal. Manfaat utama adalah bagian interlnal dapat berubah tanpa mempengaruhi bagian-bagian program yang lain.
2. Modularitas
  • Modularitas (modularity) berarti objek dapat dikelola secara independen. Karena kode sumber bagian internal objek dikelola secara terpisah dari antarmuka, maka kita bebas melakukan modifikasi yang tidak menyebabkan masalah pada bagian-bagian lain dari sistem. Manfaat ini mempermudah mendistribusikan objek-objek di sistem.

Pengapsulan pada java dilakukan dengan pembentukan kelas-kelas, yaitu keyword class. Sedangkan penyembunyian informasi dilakukan dengan pengendalian terhadap pengaksesan pembentuk kelas dengan keyword-keyword untuk kendali pengaksesan default, private, protected, dan public. Penyembunyian informasi dilakukan dengan menerapkan kendali pengaksesan private atau protected pada elemen kita.

Contoh Program:

class angkutan{
public String bis ="Metromini";
private String org = "Penumpang";
void isi()
{
System.out.println("Panggil Isi nya : "+org);
}
}

Simpan program diatas dengan nama file angkutan.java

public class penumpang{
public static void main(String[]args){
angkutan panggil = new angkutan();
System.out.println("Panggil Kendaraan : "+panggil.bis);
panggil.isi();
}
}

Simpan program diatas dengan nama file penumpang.java


Penjelasan kelas angkutan


class angkutan{

Statement ini digunakan untuk membuat class angkutan.

public String bis ="Metromini";

public string bis artinya variabel bis merupakan variabel yang bertipe data string dengan hak akses nya bersifat public (dapat diakses dari kelas lain).

private String org = "Penumpang";

private string org artinya variabel org merupakan variabel yang bertipe data string dengan hak akses nya private (hanya dapat diakses dari dalam kelas itu sendiri).

void isi()
{
System.out.println("Panggil Isi nya : "+org);
}
}

Dan statement ini digunakan untuk membuat suatu objek dalam kelas dimana kita akan menghasilkan output didalam kelas angkutan dari variabel org yang hak akses nya private agar dapat di cetak dalam kelas lain.


Kemudian untuk kelas penumpang


public class penumpang{

membuat kelas baru dengan nama kelas penumpang dan dapat diakses secara public dengan menambahkan statement public

public static void main(String[]args){

Ini merupakan argument standar minimum yang terdapat dalam bahasa pemrograman Java

angkutan panggil = new angkutan();

Mendeklarasikan objek angkutan sebagai objek panggil. Kita tetap bisa menggunakan objek angkutan untuk memanggil namun disini saya berusaha menjelaskan untuk memudahkan dalam pengertian bahasa pemrograman berbasis objek tersebut.

System.out.println("Panggil Kendaraan : "+panggil.bis);

Statement ini digunakan untuk mencetak variabel bis yang terdapat pada kelas angkutan.

panggil.isi();
}
}

Statement ini digunakan untuk memanggil objek isi dimana objek ini sudah menghasilkan output yang sebelumnya dicetak didalam kelas angkutan.


Untuk menjalankan program jangan lupa untuk meng-compile kedua program tersebut.


OUTPUT

2 comments:

Unknown said...

cara gunakannya gimana sihh???

apapun-murah.blogspot.com

Unknown said...

Thanks Buat Postingan Yang Bermanfaat,,, Visit My Blog : http://lautanilmumahasiswasttpln.blogspot.com
:-) :-) :-)