Sunday, May 13, 2012

SQL Injection pada CMS Acute Control Panel

Sebenarnya ini teknik yang sudah sangat jadul dan tutorial inipun agak mirip dengan tutorial sebelumnya yaitu Hacking CMS eticket dengan memanipulasi source html untuk serangan SQL Injection tapi fokus bahasannya di tutorial tersebut adalah pada source htmlnya yang dapat dimanipulasi untuk membantu melakukan serangan SQL Injection. Untuk menambah materi belajar maka penulis buat tutorial ini.

Untuk tulisan-tulisan penulis yang lainnya berhubungan dengan SQL Injection dapat dicari di blog ini seperti contoh SQL Injection di plugin wordpress, dalam konteks ini karena kasusnya beda maka tekniknya juga beda.

Disini penulis mengambil contoh CMS Acute Control Panel 1.0 yang bug ini ditemukan oleh SirGod. Sebelum memulai ini penulis melakukan download CMS ini lalu menginstallnya, setelah instalasi selesai, penulis masuk di file login.php

Perhatikan pada nilai dari variabel $query, disini penulis mencoba mengganti $username dengan admin ‘ or ‘ 1=1 yang dilakukan dengan menggunakan console MySQL untuk menguji.

Dengan perintah diatas maka outnyanya setelah penulis menggantinya adalah tampil username serta passwordnya dalam bentuk hash. Dengan perintah SQL admin ‘ or ‘ 1=1 maka hasil selection akan selalu TRUE.

Jika sudah demikian maka tinggal kita melakukan login saja untuk menguji apakah dapat masuk ke login web.

Hasilnya adalah

Binggo, masuk ke halaman admin.

sumber terkait: http://blog.xcode.or.id

No comments: