Saturday, October 6, 2012

Desain Grafis dan Desain Pemodelan Grafis

Halo, udah lama juga nih ga update. Sekalinya update untuk tugas hehe..
Tp tenang saya disini tetep rajin melihat blog saya untuk sekedar melihat komentar ataupun chatbox kalian :)
Langsung aja, kali ini saya akan share tentang desain grafis, mungkin masih ada yang sering bertanya-tanya dalam benaknya "apa sih desain grafis itu ya?" Dan saya akan coba bantu menjelaskan nya dengan kata sederhana yang saya rangkum dari beberapa website dan blog.

DESAIN GRAFIS

Desain grafis adalah suatu karya seni dalam bentuk gambar, grafik, ilustrasi, foto, angka, ataupun simbol-simbol dimana sang perancang menuangkan ide khusus untuk menggabungkan unsur-unsur yang terdapat dalam desain tersebut sehingga menghasilkan sesuatu yang sangat berguna dan memiliki informasi yang dapat disampaikan kepada masyarakat luas.

Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang Desainer dan seorang Desainer harus memiliki minimal 5 (lima) Dimensi Keilmuan yaitu :

1. Wawasan Teknologi
2. Wawasan Sains
3. Wawasan Seni
4. Wawasan Sosial Dan Budaya
5. Wawacan Filsafat Dan Etika

DESAIN PEMODELAN GRAFIS

Sedangkan Pemodelan grafis adalah suatu bentuk karya seni berupa obyek nyata yang direpresentasikan kedalam komputer baik dalam bentuk 2D ataupun 3D modelling, dimana obyek-obyek ini dibuat sesuai dengan konsep dan basisnya sehingga obyek tersebut terlihat hidup.

Dan ini ada beberapa ulasan tentang desain 2D dan 3D yang saya kutip dari blog yang saya cantumkan url nya pada bagian bawah halaman ini.

Motion Capture/Model 2D
Yaitu langkah awal untuk menentukan bentuk model obyek yang akan dibangun dalam bentuk 3D. Penekanannya adalah obyek berupa gambar wajah yang sudah dibentuk intensitas warna tiap pixelnya dengan metode Image Adjustment Brightness/Contrast, Image Color Balance, Layer Multiply, dan tampilan Convert Mode RGB dan format JPEG.
Dalam tahap ini digunakan aplikasi grafis seperti Adobe Photoshop atau sejenisnya. Dalam tahap ini proses penentuan obyek 2D memiliki pengertian bahwa obyek 2D yang akan dibentuk merupakan dasar pemodelan 3D.
Keseluruhan obyek 2D dapat dimasukkan dengan jumlah lebih dari satu, model yang akan dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Tahap rekayasa hasil obyek 2D dapat dilakukan dengan aplikasi program grafis seperti Adobe Photoshop dan lain sebagainya, pada tahap pemodelan 3D, pemodelan yang dimaksud dilakukan secara manual. Dengan basis obyek 2D yang sudah ditentukan sebagai acuan. Pemodelan obyek 3D memiliki corak yang berbeda dalam pengolahannya, corak tersebut penekanannya terletak pada bentuk permukaan obyek.

Dasar Metode Modeling 3D
Ada beberapa metode yang digunakan untuk pemodelan 3D. Ada jenis metode pemodelan obyek yang disesuaikan dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan polygon ataupun subdivision. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter.
Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila hanya menggunakan sedikit polygon, maka object yang didapat akan terbagi sejumlah pecahan polygon.
Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks) dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.

Software yang dapat digunakan untuk membuat suatu desain grafis adalah

Desktop publishing

    Adobe Photoshop
    Adobe Illustrator
    Adobe Indesign
    Coreldraw
    GIMP
    Inkscape
    Adobe Freehand
    Adobe image ready
    CorelDraw
    Adobe Page Maker

Webdesign

    Adobe Dreamweaver
    Microsoft Frontpage
    Notepad
    Adobe Photoshop

Audiovisual

    Adobe After Effect
    Adobe Premier
    Final Cut
    Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
    Ulead Video Studio
    Magic Movie Edit Pro
    Power Director

Rendering 3 Dimensi

    3D StudioMax
    Maya
    AutoCad
    Google SketchUp
    Light Wave
    Blender
    Softimage

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
http://www.hammus.net/pengertian-desain-grafis.html
http://www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2006/12/bagaimana-memulai-desain-grafis-slametriyanto.pdf
http://kyogrevs.wordpress.com/2010/11/11/disain-pemodelan-grafik/
http://upamy.blogspot.com/2010/02/disain-pemodelan-grafik.html
http://riskawuni.blogspot.com/2011/10/desain-dan-pemodelan-grafik.html

No comments: