Saturday, June 3, 2017

Perkembangan Budaya Teknologi Informasi

Dijaman sekarang ini 99% orang pasti sudah mengenal apa itu internet, tak heran bila anak yang belum sekolah pun sudah mengetahui dasar-dasar pemanfaatan teknologi internet. Mulai dari main game sampai membaca buku-buku elektronik. Dalam hal ini sebaiknya saat anak menggunakan internet didampingi oleh orang tua agar anak dapat mengaktualisasikan penggunaan internet dengan baik bukan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Mungkin itu sekilas tentang internet dan kalangan mana saja yang sudah memanfaatkan internet. Disini saya akan membahas mengenai perkembangannya dan arah nya dalam pemanfaatan teknologi informasi itu sendiri. Langsung saja saya bahas.

  • Perkembangan dalam Bidang Informasi
Kita tahu pada dahulu kala perkembangan teknologi informasi hanya berdasarkan sumber wacana seperti koran, sebelum masuknya radio dikalangan masyarakat indonesia sekitar tahun 1935an. Setelah siaran Radio mulai merambah, negara ini mulai berkembang dan dapat banyak sekali pengetahuan dari berbagai negara hingga masuknya peralatan telekomunikasi yang lebih baik. Mulai dari Televisi, Handy Talkie, Handphone, sampai Personal Computer. Informasi dari alat komunikasi ini sangat banyak sekali yang bisa kita dapat dimasa kini. Hanya dengan menekan sebuah tombol pada remot televisi ataupun link pada website-website dari internet saat menggunakan media Personal Computer kita dapat berjuta informasi dengan mudah dan cepat. Internet itu sendiri awalnya di Amerika dimana internet digunakan untuk bagian pertahanan kemiliteran di negara tersebut dengan nama ARPANET. Banyak ilmuan yang meneliti dan terus mengembangkan internet sampai akhirnya mengubah nama menjadi Word Wide Web dimana kita tau WWW merupakan suatu URL yang slalu kita ketikan pada Address Bar yang terdapat pada sebuah browser namun World Wide Web ini merupakan arti keseluruhan dari internet.

  • Perkembangan dalam Bidang Budaya
Dalam bidang budaya ini banyak sekali pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan untuk mengetahui budaya asing apa saja yang dapat diterima dinegara indonesia. Namun banyak sekali budaya asing yang etika nya kurang baik pun ditiru oleh masyarakat indonesia seperti hal nya mabuk-mabukan, berpakaian kurang sopan didepan umum, melakukan hubungan diluar nikah, dan sebagainya. Perkembangan informasi yang begitu cepat juga memberi dampak negatif tidak selamanya hal itu menjadi positive, tergantung bagaimana kita menyikapi hal tersebut. Kemudahan mendapatkan informasi seperti ini dikalangan masyarakat dapat mempengaruhi suatu budaya. Terutama apa yang saat ini menjadi trend dikalangan masyarakat seperti cara berbusana dan cara bergaul. Banyak pemikiran dikalangan anak muda dimana budaya luar itu lebih baik daripada budaya dalam negri dengan pakaian semau nya dan perlakuan semau nya. Hal ini bukanlah baik melainkan menjerumuskan kita kedalam hal yang menjadikan nya buruk dimata masyarakat.

  • Perkembangan dalam Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan kita tahu bahwa banyak sekali peralatan rumah sakit yang kini memakai peralatan teknologi mulai dari alat USG, EKG, Radiologi, dan sejenisnya. Penggunaan alat ini tidak sembarangan orang dapat melakukanya diperlukan tenaga khusus dalam pengelolaan alat ini. Sebelum ada nya peralatan itu semua pada dasarnya dokter hanya menggunakan alat-alat sederhana dan manual. Mulai dari cara menghitung denyut jantung orang dewasa normal dalam satu menit yakni 70 kali. Sedangkan jaman sekarang ada alat yang dapat merekam keadaan denyut jantung kedalam sebuah visualisasi gambar yang berupa gelombang. Dijaman sekarang ini perkembangan teknologi pun sudah merambah keberbagai bidang mulai dari informasi, budaya, bahkan bidang kesehatan pun juga terjangkau oleh peralatan teknologi.

Kesimpulan dari semua itu, pada jaman sekarang ini kita dapat memanfaatkan berbagai macam teknologi yang memudahkan kita untuk mendapatkan segalanya dengan mudah dan cepat tanpa ada nya batasan. Berita dari berbagai negara sudah menjadi bacaan tiap hari yang dapat kita ketahui. Oleh karena itu sebaiknya Perkembangan Budaya Teknologi Informasi ini kita kembangkan lagi dan kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk hal yang berguna.

No comments: