1. Apa yg dimaksud
dengan shader ?
Jawab
Shader adalah sebuah program yang digunakan dalam 3D software tertentu (
softimage ) dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan
untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu seperti lighting
effects, atmosphere,fog dan sebagainya.
2. Sebutkan &
jlskan jenis-jenis shader !
Jawab
- Anisotropic adalah material dengan highlight berbentuk ellipse.Biasanya digunakan untuk benda dengan bentuk memanjang.
- Blin adalah material yang mensimulasikan efek logam.
- Metal adalah material yang mensimulasikan efek logam.
- Multi Layer adalah material dengan highlight berlapis dan lebih kompleks dibandingkan Anisotropic.
- Oren Nayar Blinn adalah material yang sedikit redup dan rata dibandingkan blinn,misalnya untuk karpet.
- Strauss adalah material dengan permukaan metalik atau non metalik,namun dengan pengaturannya yang lebih sederhana dibandingkan jenis lainnya.
- Phong adalah material dengan highlight bulat dan lebih tajam dibandingkan Blin.
3. Apa yg dimaksud
dengan face map ?
Jawab
Face Map dalam keadaan mati,map akan digambar pada satu objek.Dalam
keadaan aktif,map akan digambarkan di setiap permukaan object.
4. Apa yg dimaksud
dengan 2-sided ?
Jawab
2 sided mengaktifkan material dua sisi,objek dirender pada bagian luar
dan dalam di setiap sisinya.Hanya berpengaruh pada material yang tembus
pandang,yaitu wire dan transparan.
5. Apa yg dimaksud
dengan faceted ?
Jawab
Merender objek dengan segmen-segmen yang tajam atau tegas,sehingga objek seolah-olah terdiri dari kumpulan permukaan datar.
6. Apa yg dimaksud
dengan :
Jawab
- ambient : Warna objek yang terjadi di area bayangan.Dapat dikatakan,ambient adalah area yang tidak terkena cahaya.
- diffuse : Warna objek yang terjadi akibat adanya cahaya.Dapat dikatakan,bahwa diffuse merupakan warna yang sebenarnya atau warna asli dari objek.
- specular : Warna objek pada are yang berkilau atau mengkilat,sering disebut highlight. Lokasi gambar tergantung dari lokasi sumber cahaya
- self illumination : Memilih map untuk mengontrol tingkat iluminasi pada bagian-bagian objek.Semakin terang warna pixel,semakin terang pulang iluminasi pada bagian objek tersebut.
- opacity : Memilih map untuk mengontrol bagian yang transparan.pixel hitam akan menciptakan area yang transparan penuh,pixel putih akan menciptakan area yang padat,dan warna selain itu akan menciptakan area semi transparan.
7. apa yg dimaksud dengan falloff ?
Jawab
Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih).
Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih).
8. jelaskan mengenai falloff in & falloff out !
- Falloff in : Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih) yaitu bagian tengah (In) objek.
- Falloff out : Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih) yaitu bagian pnggir (out) objek.
9. jelaskan pilihan yg ada
pada pilihan berikut ini !
Jawab
filter : Memilih map untuk yang akan dicampurkan pada latar belakang material transparan.
subatractive : Menentukan map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map yang lebih gelap.
additive :
Menentukan map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map yang lebih terang.
http://anyehbloganyeh.blogspot.com/2009/10/grafika-komputer-adalah-bagian-dari.html
source :
http://www.nizaru.blogspot.com/http://anyehbloganyeh.blogspot.com/2009/10/grafika-komputer-adalah-bagian-dari.html
http://books.google.co.id/books?id=X3kn-0uTpJMC&pg=PA157&lpg=PA157&dq=jenis-jenis+shader+pada+3D&source=bl&ots=y7JGjtpNzA&sig=UBXlWwA3NdjYGVJ8M9Fu4HP31ic&hl=id&sa=X&ei=urK4UO6kHYbkrAe_5IHIBw&ved=0CDcQ6AEwAg#v=snippet&q=jenis-jenis%20shader%20pada%203D&f=false
No comments:
Post a Comment