Saturday, November 10, 2012

Operasi Modify Objek 3D

Operasi Modify

            Boolean merupakan operasi matematika yang artinya beririsan.

1.Union 

Union merupakan fungsi Boolean dimana objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu bagian atau satu objek yang utuh. Nah anda juga dapat menggabungkan beberapa buah objek menjadi satu buah objek yang utuh. Objek yang telah di union akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati dalam melakukan union, cek terlebih dahulu objek yang akan kita union pastikan tidak ada lagi yang salah.

1.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
 
2.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Union
      
3. Hasil dari Union



2. Intersection
Intersection merupakan fungsi Boolean dimana objek A yang bersentuhan atau beririsan dengan objek B diambil menjadi sebuah objek yang baru. Fungsi ini biasanya saya guanakn untuk menggambar komponen-komponen pada mesin. Nah untuk lebih gampangnya akan saya jelaskan dengan gambar berikut :

1.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube

2.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Intersection


  
            3. Hasil dari Intersection



3.Subtraction

Subtraction merupakan fungsi Boolean dimana objek A dipotong atau dikurangi oleh besarnya bagian dari objek B yang bersentuhan langsung dengan dengan objek A. Fungsi ini biasanya kita pakai untuk beberapa bagian mesin dan membuat rumah. Contoh untuk rumah nanti akan kita pakai membuat kusen jendela atau dinding rumah. Untuk lebih jelasnya coba kita perhatikan gambar dibawah ini ,tapi dalam Autodesk Maya 2013 ini dinamakan Difference

 1.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
   
2. Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Difference
 
3.Hasil dari Subtraction/Difference



4.Cut

.Cut adalah salah satu teknik untuk memotong sebagian objek tanpa harus menghapus keseluruhan dari objek tersebut..dalam Autodesk Maya 2013 Cut Faces Tools namanya perintah untuk memotong sebuah objek.Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.Buat sebuah objek Poligon..yaitu Sphere:



2.Pilih Perintah Edit mesh -> Cut Faces Tools

3.Kita tentukan garis yang kita potong dalam objek

4.Lihat Option Box-> Inputs->Ganti Delete Faces Menjadi On
5.Hasil dari Cut

 sumber: http://frozenprogramming.blogspot.com

No comments: