Wednesday, March 21, 2012

Pengenalan CPanel yg Terdapat Dalam Suatu Web Hosting

Hai udah lama nih ga update, laptop ada tp internet nya ga ada. Hehehe.. Maklum modem jadul yg udah 3 tahun saya pake ternyata mengalami kerusakan yg cukup fatal. Dan skarang sudah benar. (Sekedar informasi).
Kali ini saya akan menjelaskan dari dasar untuk membuat suatu web, eits.. Jangan terburu-buru dahulu. Karena sebelum kita memulai membuat web yang kita butuh kan adalah web hosting untuk meletakan template web kita dimana web tersebut bisa diakses dari seluruh penjuru dunia, bagi kalian yang pengen eksis ga cuma di dalam negeri ini merupakan cara tepat untuk membuat web pribadi dan banyak dikenal orang.
Dan pasti kalian semua telah mengetahui bahwa dalam penyediaan layanan web hosting memiliki fitur yang berbeda. Web hosting yang saya akan gunakan dalam membuat web saya adalah www.heliohost.org kenapa saya memilih heliohost, karena untuk fitur uji coba(layanan gratis) yang diberikan oleh web hosting ini cukup profesional, dimana kita dapat mengakses CPanel dari akun kita mendapatkan bandwith unlimited serta Kapasitas memori yg cukup untuk membuat uji coba web yang telah kita buat untuk dipublikasikan.


Langsung saja, apakah CPanel itu?

cPanel adalah sebuah control panel web hosting pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. cPanel menggunakan 3 tingkat struktur untuk memberikan fungsi administrator, agen, dan pemilik situs web untuk mengatur berbagai macam aspek dari situs web dan administrasi server melalui sebuah penjelajah web standar. Selain memberikan Guide User Interface untuk memudahkan pengguna, cPanel juga dilengkapi dengan perintah dalam teks dan berdasarkan API agar vendor perangkat lunak pihak ketiga, organisasi web hosting dan pengembang untuk automasi sistem standar proses administrasinya.
cPanel didesain untuk berfungsi pada dedicated server ataupun virtual private server yang bisa digunakan pada Sistem Operasi centOS, Red Hat Linux, dan FreeBSD. Aplikasi-aplikasi didukung cPanel termasuk Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.

Kutipan : "Wikipedia"


Cpanel hosting fitur dapat dikelompokkan menjadi empat kategori utama yang fitur situs, email, script dan statistik dan fitur canggih. Cpanel hosting memiliki fitur situs yang tersedia secara luas dikenal sebagai file manager. Hal ini penting bagi seorang individu untuk mengetahui bagaimana untuk membuat, menghapus, dan mengelola file dan folder serta mengedit website Anda dengan mudah.

Beberapa fitur lainnya yang ditemukan dalam kategori yang sama meliputi perlindungan direktori, manajer FTP, administrasi sub domain serta halaman kesalahan. Dengan koneksi internet, seseorang dapat mengakses dan mengelola website mereka dari mana saja setiap saat karena hampir semua panel kontrol dapat diakses melalui internet. Hal ini terutama penting bagi mereka yang terus-menerus memperbarui situs Web mereka karena mereka dapat melakukannya dengan mudah dan nyaman terlepas dari lokasi fisik mereka.

Cpanel hosting berisi script dan fitur statistik bahwa persetujuan untuk array yang luas dari fungsi seperti chat, counter, papan pesan, buku tamu dan fitur lebih lanjut. Ini adalah interaksi yang penting dan alat-alat analisis yang memungkinkan Anda untuk strategi tentang situs web Anda. Perubahan yang dibuat pada situs web apapun yang ditentukan oleh jenis respon dikumpulkan dari berbagai fitur. Di masa lalu memiliki fitur tersebut aktif di website Anda diperlukan pemrograman yang ekstensif dan keterlibatan penyedia. Dalam beberapa kali semua yang seseorang harus lakukan untuk mengaktifkan Cpanel adalah beberapa klik dan mereka siap untuk pergi. Kompetensi dan menghemat waktu merupakan keuntungan dari mengaktifkan fitur karena mereka lebih sederhana dan efektif untuk digunakan.

Fitur Cpanel email hosting memungkinkan untuk pengaturan account email, email forwarding, auto responden, web mail dan mailing list. Untuk dapat mengatur fitur, seseorang harus memiliki dasar kemampuan IT dan memastikan bahwa korespondensi dan komunikasi efektif ke dan dari website Anda. Fitur canggih sebagian besar berguna bagi situs-situs operasi Cpanel reseller hosting. Hal ini karena mereka memungkinkan untuk fungsi-fungsi seperti administrasi sub domain, manajemen situs dan administrasi jaringan. Pengelolaan beberapa situs Web memerlukan individu dengan peningkatan kemampuan TI. Setiap fitur yang tersedia di Cpanel hosting dirancang untuk memberikan manfaat tertentu bagi penyedia, reseller dan klien. Semua pihak harus memahami fitur sehingga untuk memaksimalkan nilai dari paket hosting. Untuk mencapai tujuan ini Cpanel reseller hosting penyedia layanan harus menawarkan informasi yang komprehensif kepada klien mereka.

Lalu bagaimana cara mendaftar di webhosting tersebut? Anda dapat kunjungi www.heliohost.org melakukan registrasi. Saya yakin anda pun dapat melakukan nya karena ini cukup mudah.

Lalu sperti inilah tampilan cPanel tersebut:
Pada awalnya terbuka cPanel kita akan di beri bantuan untuk menggunakan CPanel dengan bantuan atau dengan manual. Jika kita ingin menggunakan bantuan kita akan dipandu, sedangkan jika kita sudah mengerti dasar-dasarnya sebaiknya kita langsung saja berlanjut ke tahap yang lebih lagi.

Dan inilah beberapa layanan yang terdapat pada CPanel:

Sunday, January 8, 2012

Softskill : Web Article

Tugas lagi tugas lagi, mau UAS tetap saja di beri tugas. Baik, langsung saja kunjungi ke web saya. Klik DISINI!

Tuesday, January 3, 2012

Konsep Desain New Media

KONSEP DESAIN NEW MEDIA

new media merupakan istilah yang luas yang muncul di bagian akhir abad ke-20 untuk mencakup penggabungan dari media tradisional seperti film, gambar, musik, diucapkan dan ditulis kata, dengan kekuatan interaktif teknologi komputer dan komunikasi, komputer konsumen diaktifkan perangkat dan yang paling penting Internet. new media mengulurkan kemungkinan akses on-demand untuk konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan masyarakat sekitar isi media. Contoh nya Konsep new media dalam bidang Desain Grafis.

Pengertian Desain Grafis

Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

Kemudian merujuk dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Sejarah dan Perkembangan Desain Grafis

Sejarah awal : Pelacakan perjalanan sejarah desain grafis dapat ditelusuri dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujud gambar (pictograf) atau tulisan (ideograf). Gambar mendahului tulisan karena gambar dianggap lebih bersifat langsung dan ekspresif, dengan dasar acuan alam (flora, fauna,landscape dan lain-lain). Tulisan/ aksara merupakan hasil konversi gambar, bentuk dan tata aturan komunikasinya lebih kompleks dibandingkan gambar. Belum ada yang tahu pasti sejak kapan manusia memulai menggunakan gambar sebagai media komunikasi. Manusia primitif sudah menggunakan coretan gambar di dinding gua untuk kegiatan berburu binatang. Contohnya seperti yang ditemukan di dinding gua Lascaux, Perancis.

Era Cetak : Desain grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa.

Tahun 1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu oleh Peter Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”, “Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf (tipografi). Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak icon. Seniman besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of Babilon”.

Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesin cetak Guterberg yang memanfaatkan teknik cetak tinggi, teknik cetak lithografi menggunakan teknik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara air dengan minyak. Nama lithografi tersebut dari master cetak yang menggunakan media batu litho. Teknik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan dilakukannya pemisahan warna. Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Masa keemasan ini disebu-sebut sebagai “The Golden Age of The Poster”.

Tokoh-tokoh seni poster tehnik lithogafi (1836-1893) antara lain Jules Cheret dengan karya besarnya “Eldorado: Penari Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller” (1897), “Quinquina Dubonnet” (1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokoh lainya antara lain Henri de Toulouse Lautrec dan Eugene Grasset.

Desain grafis mengalami perkembangan pesat setelah ditemukannya tulisan dan mesin cetak. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama telah membawa peradaban baru dalam sejarah peradaban Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet latin yang dibawa dari Yunani.

Pada saat ini adanya mesin cetak dan komputer juga merupakan dua hal yang secara signifikan mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis hingga akhirnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain. Koran, majalah, tabloid, website yang sehari-hari kita lihat adalah produk desain grafis. Bahkan animasi Spongebob Squarepants walaupun lebih dikenal dengan sebutan kartun yang sering kita tonton di televisi merupakan bagian dari produk desain grafis juga.

sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
http://www.ahlidesain.com/pengertian-desain-grafis.html
http://sjrdesgrafison.blogspot.com/

Tuesday, November 29, 2011

Cara Membetulkan Kabel Putus dalam Kepala USB Step by Step

Sekedar share pengalaman iseng-iseng tadi pagi teringat dengan modem yang kepala USB nya rusak karena kabel di dalam kepala USB tersebut ada yang putus. Bagaimana bisa tau putus? Awal nya colok kabel USB tersebut dan goyangkan bagian leher Kepala USB jika terkadang bisa konek terkadang tidak. Kemungkinan besar disitu kerusakan nya. Oke, langsung aja nih ke permasalahan nya. Pertama sebelum memulai, kita pasti memerlukan Alat-alat yang dibutuhkan.

Peralatan yang diperlukan yaitu:
  • Kepala USB yang Rusak
  • Obeng
  • Tang
  • Cutter
  • Solder
  • Timah
  • Lem Power (Cair)

Langkah pertama:
Siapkan Kepala USB lalu amati tiap bagian yang ada, dalam kasus ini saya menggunakan USB yang ada garis di pinggir nya.

Langkah kedua:
Siapkan Cutter, kemudian potong bagian samping kepala USB yang terdapat garis. Potong searah dengan garis tersebut.

Langkah ketiga:
Lanjutkan pemotongan pada bagian tepi dari kepala USB tersebut, hingga bagian dalam USB dapat dilepas

Langkah keempat:
Buka bagian Plat dari kepala USB tersebut menggunakan obeng min yang berukuran kecil agar tidak merusak bagian dari kepala USB. Kemudian setelah bagian plat terbuka, lepas dan pisah kan dari bagian dalam kepala USB. lihat gambar.

Langkah kelima:
Bersihkan bagian-bagian sisa potongan karet yang terdapat dalam bagian putih USB. Lalu buka bagian putih tersebut sehingga terlihat beberapa deret kabel.

Langkah keenam:
Perhatikan bagian kabel yang lepas. Sebelum nya ingat susunan kabel yang terdapat dalam bagian kepala USB karna ini sangat penting dalam tahap proses selanjutnya. Misalnya terdapat warna Putih pada line 1, Kuning pada line 2, Merah pada line 3, dan Hijau pada line 4. Lalu sama kan dengan kabel USB yang ingin kita pasang. Dalam kasus ini, kabel warna putih saya yang lepas. Lalu iris sedikit pada bagian kabel-kabel tersebut sehingga terlihat serat kawat dari kabel-kabel tersebut.

Langkah ketujuh:
Siapkan solder dan timah kemudian lepaskan kabel-kabel tersebut dari kepala USB kemudian digantikan dengan kabel-kabel baru yang telah disiapkan.

Langkah kedelapan:
Setelah selesai dengan solder dan timah nya, saat nya kita tutup kembali kepala USB tersebut, kemudian kita bungkus lagi dengan plat nya.

Langkah kesembilan:
Siapkan lem power cair, kemudian lem pada bagian-bagian dari kulit karet USB tersebut. Mulai dari bagian dekat kabel, sampai pada bagian tengah kepala USB.

Langkah kesepuluh:
Kabel USB siap untuk digunakan kembali.

Cara ini bisa digunakan untuk membetulkan Kepala USB mouse, Joystik dan sebagainya. Ga asik kan kalo lagi main tiba-tiba kesenggol sedikit kepala USB nya langsung berhenti main nya. Hehe..

Perhatian:
Hati-hati pada saat menggunakan Cutter, Solder, ataupun Lem Power

Friday, November 25, 2011

Konsep Teknologi Konvergensi, Jejaring Sosial, Podcasting, RSS, IPTV

KONVERGENSI

Konvergensi Budaya adalah pergeseran hubungan antar publik dengan media ditandai dengan prilaku khalayak dalam mengkonsumsi informasi. Budaya mengacu pada hal-hal (cara berpikir, pola perilaku, nilai-nilai) yang umum untuk sekelompok orang dan yang membuat mereka berbeda dari kelompok lain. Konvergensi dapat merujuk pada teknologi yang sebelumnya terpisah, seperti suara ( fitur telepon ) data ( produk aplikasi, teks, grafis ) dan video sekarang yang terintegrasi untuk menciptakan efisiensi baru. Diasumsikan bahwa konvergensi budaya yaitu penggabungkan beberapa macam budaya yang berlaku dalam masyarakat menjadi satu budaya dominan yang ada di dalam masyarakat. Sehingga masyarakat atau konsumen mampu berpartisipasi dalam aliran media yaitu konsumen menjadi aktif tidak hanya sebatas pengguna media. Konsumen dapat terlibat sebagai movie maker, editor produksi broadcast dengan arus informasi yang bebas kita dapatkan dan juga software sederhana yang kita dapat lakukan itu dengan komputer.

Perkembangan Konvergensi Budaya

Pada masa awal tumbuhnya konvergensi yaitu dimulai dengan penemuan-penemuan baru seperti mesin cetak, mesin ketik hingga bertransformasi menjadi konvergensi teknologi. Semua itu dapat dipaduakan ketika penemuan terbesar yaitu telepon, televisi, radio dan komputer menjadi alat kebutuhan roda kehidupan dan dimanfaatkan untuk menjadi zaman yang lebih modern. Hingga akhirnya ketika penemuan teknologi ini dapat disatukan dalam sebuah teknologi internet yang terus berkembang tanpa batas yang terkenal dengan sebutan konvergensi media. Teknologi internet tumbuh dan menempati respon yang begitu cepat, tepatnya diera awal millennium disambut baik oleh para pengusaha dibidang industri, perdagangan, dan menjadi dominan oleh masyarakat luas. Dengan adanya konvergensi media ini, terjadi penggabungan antara berbagai macam media terkait yang secara otomatis melahirkan hubungan baru yaitu konvergensi budaya dikarenakan begitu banyaknya nilai-nilai yang berbeda dapat disampaikan lewat media.

Bentuk Konvergensi Budaya

Dalam Konvergensi Budaya, Henry Jenkins memberikan perhatiannnya kepada empat aspek konvergensi yaitu ekonomi, teknologi, sosial, dan budaya.

1. Perkembangan teknologi informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan itu dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan dengan fasilitas elektronik.

2. Lahirnya konsep konvergensi budaya agar mengubah tatanan hidup masyarakat agar lebih praktis, efisien dalam pemanfaatan ataupun melengkapi kehidupannya sehari-hari misalnya mengenai pengelolaan ekonomi. Arus informasi yang begitu cepat mampu mengubah pola prilaku masyarakat dalam bekerja, mengelola keuangan, perdagangan dengan bantuan e-commerce, e-banking.

3. Membantu pekerjaan bidang kepemerintahan yang dikenal dengan e-government, segala aspirasi masyarakat dan juga sebagai wahana sosialisasi, interaksi yang terangkul dalam fasilitas ini.

4. Dalam bidang pendidikan e-learning, e-education e-library, e-journal dalam bidang kedokteran, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversity, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.

Dampak Konvergensi Budaya

1. Menjadi suatu yang tidak dirasakan bagi mereka yang berada didaerah pedalaman seperti pedesaan yang memiliki keterbatasan jaringan internet dan dalam pendistribusian teknologi yang tidak merata ( kesenjangan sosial ).

2. Menjadi dominan oleh kalangan tertentu.

3. Konvergensi budaya tidak dapat dinikmati oleh masyarakat kalangan bawah karena kemajuan teknologi bisa mengurangi jatah lapangan pekerjaan mereka yang gantikan oleh kecanggihan teknologi (dehumanisasi).

4. Segala jenis pekerjaan cenderung bergantungan dengan kemampuan teknologi ( masyarakat informasi ) sehingga mengurangi kualitas hubungan secara langsung antar sesama.

Referensi

- http://www.convergenceculture.org.uk/ diakses tanggal 18/6/2011

- http://web.mit.edu/cms/People/henry3/converge.html diakses tanggal 18/6/2011

- http://maher.filfre.net/writings/convergence.html diakses tanggal 18/6/2011

- http://masyarakatinformasi.blogspot.com/2008/02/blog-para-pejabat-dan-eksekutif-untuk.html diakses tanggal 19/6/2011

- http://makalahbiologiku.blogspot.com/2011/01/perkembangan-teknologi-informasi-di.html diakses tanggal 19/6/2011

- http://202.58.181.200/forum.html?func=view&id=779&view=threaded&catid=15 diakses tanggal 20/6/2011

KONSEP JEJARING SOSIAL

Definisi dan Sejarah Jejaring Sosial

Jejaring sosial atau sanekane adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Analisis jaringan sanekane memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan sanekane beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan sanekane adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.

Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.

Layanan Jejaring Sosial

Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.

Dampak Positif Jejaring Sosial :

1. Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan ketrampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.

2. Memperluas jaringan pertemanan. Berkat situs jejaring sosial ini anak menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia. Meskipun sebagian besar diantaranya tidak pernah mereka temui secara langsung.

3. Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.

4. Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian dan empati. Misalnya memberikan perhatian saat ada teman mereka berulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.

Dampak Negatif Jejaring Sosial :

1. Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasapun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya.

2. Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurang berempati di dunia nyata.

Beberapa Contoh Web Jejaring Sosial:

- (Inggris) [http://www.facebook.com Pendiri Mark Zuckerberg

- (Inggris) [http://www.twitter.com Pendiri Jack Dorsey

- (Inggris) [http://www.friendters.com Pendiri Jonathan Abrams

- (Inggris) [http://www.hi5.com Pendiri Ramu Yalamanchi

- (Indonesia) [http://www.youfriends.net Pendiri M Wahyu

Referensi

- http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial

- http://didno76.blogspot.com/2011/10/dampak-positif-dan-negatif-jejaring.html

- www.ridwanforge.net/blog/jejaring-sosial-social-networking

- wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/sejarah-jejaring-sosial-2/

PODCASTING

Sejarah

iPod dan Broadcasting. Dua kata itu selalu disebut-sebut sebagai kata pembentuk istilah podcasting meskipun masih sering dipersoalkan karena terkait dengan produk alat pemutar iPod keluaran Apple. Yang sering dipermasalahkan oleh mereka yang keberatan dengan istilah podcasting ini adalah karena sering terjadi kesalahpahaman seolah podcasting hanya untuk mereka yang memiliki iPod, sementara alat pemutar mp3 di luar produk buatan Apple itu kini banyak diproduksi.

Karena itu paling awal sekali perlu dijelaskan bahwa meski nama podcasting berasal dari kata iPod dan broadcasting, tetapi podcasting tidak selalu harus berhubungan dengan iPod. Alat pemutar mp3 jenis apapun bisa digunakan untuk mendengarkan podcast, bahkan tanpa harus memiliki mp3 player sekalipun podcast bisa didengarkan di komputer, di burn ke CD atau ke alat lain yang bisa memutar file audio mp3.

Kesalah pahaman lain yang sering muncul adalah kerancuan istilah antara

podcast dan podcasting yang sebenarnya bisa dijelaskan dengan sederhana saja. Podcasting adalah kegiatannya, sementara podcast adalah produknya.Jadi apakah yang disebut sebagai proses podcasting itu?

1. Bayangkan sebuah file audio (biasanya file berformat mp3) yang berisikan sebuah program acara (bukan program komputer) seperti layaknya sebuah program acara di radio siaran.

2. File tersebut disimpan di sebuah server di internet yang bisa didownload dan didengarkan oleh siapapun yang memiliki akses ke internet.

3. Bahkan pendengar kemudian bisa 'berlangganan' file audio itu secara berkala dengan bantuan teknlogi yang disebut RSS.

Manfaat Podcasting:

Ada banyak manfaat dari Podcasting yang dapat Anda terima jika Anda menggunakannya sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi:

1. Meningkatkan visibilitas situs Anda

Audiens target Anda akan dapat menemukan situs Anda lebih mudah ketika Anda daftar podcast Anda di direktori podcast yang tersedia. Visibilitas untuk situs Anda akan meningkat sangat. Demikian pula, mesin pencari akan dapat menemukan podcast Anda lebih mudah juga.

2. Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif

Salah satu manfaat penting dari Podcasting adalah kenyataan bahwa itu benar-benar menyediakan alat komunikasi tambahan untuk bisnis online Anda. Orang-orang akan datang untuk tahu tentang situs Anda. Apa yang telah ditulis dan ditawarkan di situs Anda akan bisa mendapatkan kredibilitas Anda sebagai seorang penulis ahli di bidang Anda.

3. Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai tambah menawarkan

Podcasting memungkinkan Anda untuk memberikan nilai tambah menawarkan dalam format audio. Ini akan mempertahankan kepentingan pembaca dan pelanggan sama seperti mereka akan senang dengan tawaran ini. Mereka dapat kembali ke situs Anda untuk podcast mingguan “Pilihan Hot Tips untuk minggu ini”, ini akan menjadi favorit panas bagi mereka dalam perdagangan opsi.

4. Menyediakan retensi memori yang lebih baik

Podcasting melibatkan melihat, mendengar dan mengalami. Jika digabungkan, memberikan hasil terbaik untuk retensi memori sekitar 75% untuk rata-rata orang. Ini menyimpulkan bahwa pesan audio pasti lebih berkesan dari hanya teks biasa. Retensi memori adalah salah satu manfaat lebih penting bisa Anda dapatkan dari Podcasting.

5. Menyediakan kemudahan penggunaan

Podcast Anda dapat dengan mudah diputar pada pemutar MP3 portabel. Orang akan dapat mendengarkan podcast Anda di mana saja dan kapan saja. Podcasting membuat mendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa rewel.

6. Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas

Jika podcast Anda berisi konten yang besar, mereka akan mengarahkan lalu lintas ke situs Web Anda. Hal ini akan menciptakan dampak pada penjualan Anda dan garis bawah. Konten Anda juga harus informatif, menarik, dan harus selalu menyediakan nilai nyata bagi pendengar Anda. Melalui Podcasting, Anda juga dapat berkomunikasi dengan audiens target Anda.

Podcasting adalah trend komunikasi terbaru dengan pemasar di web. Ia menawarkan jangkauan menguntungkan untuk jutaan pendengar yang pelanggan potensial. Kemungkinan pemasaran banyak. Podcasting adalah sekarang rute emas untuk memilih, dan tidak harus dibiarkan keluar sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi.

Referensi

- suarane.org/downloads/podcasting01.pdf

- sinau.eepis-its.edu/~alioke/podcast/Podcast.ppt

- podcast-makassar.blogspot.com/2008/07/lagi-tentang-podcast.html

- id.wikipedia.org/wiki/Siniar

KONSEP RSS

RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa

1. Rich Site Summary (RSS 0.91)

2. RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)

3. Really Simple Syndication (RSS 2.0)

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.

Fungsi RSS

RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. Sekitar 2000, penggunaan RSS meluas di berbagai penerbitan berita, termasuk Reuters, CNN, dan BBC. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.

Sebuah program komputer yang dikenal sebagai pembaca umpan (feed reader) bertindak sebagai pengumpul. Program ini mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Tenggang waktu dan siklus pengumpulan RSS biasanya dapat diatur oleh penggunanya. Program pengumpul dapat berupa program komputer atau sebuah layanan web yang tersedia online.

Program pengumpul RSS di komputer biasanya berupa aplikasi (software) sendiri yang harus dipasang di komputer sebelum dapat digunakan. Program ini tersedia untuk berbagai jenis sistem operasi dengan harga bervariasi. Ada juga program pengumpul RSS yang gratis. Lihat Daftar pengumpul RSS.

Program pengumpul di web tidak memerlukan pemasangan dan pengaturan, kita dapat melihat dan mengecek RSS kita di mana saja, asal ada browser dan koneksi internet. Beberapa layanan pengumpul RSS juga menyediakan penggabungan dan juga pencarian.

Sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya ada link dengan sebuah tombol bertuliskan XML atau RSS. Namun disarankan menggunakan RSS daripada XML agar tidak membuat kerancuan (sebab setiap RSS adalah XML, tapi tidak tiap XML itu RSS).

Seperti ditulis di atas, ada beberapa versi RSS, dan bahkan ada kelompok membuat format baru Atom yang juga telah diadopsi oleh banyak situs. Tapi pemakai RSS tidak perlu bingung, para pembuat program pengumpul sindikasi biasanya bisa mengenali kedua format tersebut, bahkan masih menyediakan pembaca untuk format yang lama.

Referensi

- http://id.wikipedia.org/wiki/RSS

- http://nationalgeographic.co.id/feed

- http://www.surya.co.id/rss-feed

IPTV

Pengertian IPTV

IP/TV adalah suatu pengembangan baru dalam software komunikasi client-server yang mem-broadcast video yang berkualitas tinggi (setara real time full motion video secara simultan) ke user window melalui jaringan data yang ada sekarang. Beberapa feature yang dimiliki oleh IP/TV ini adalah :

1. IP/TV dapat menyiarkan secara live atau prerecorded digital video program-program pendidikan, komersial,dsb, serta dapat melakukan capturing dan transmisi program dari berbagai source.

2. IP/TV dapat melakukan scheduling /penjadwalan program sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience. Viewer dapat memilih program dari suatu listing yang akan dilihatnya.

3. IP/TV dapat memberikan layanan yang ekonomis namun dengan tidak mengorbankan kualitas layanan. Ini karena teknologi bandwidth transmisi yang efisien, yaitu IP multicasting.

4. IP/TV mendukung format standard MPEG (Motion Picturre Experts Group) untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini merupakan tambahan terhadap standard CODEC (compression/decompression) untuk menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan bandwidth yang tersedia.

5. Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang konvensional, IP/TV lebih efisien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya print materi relatif lebih sedikit, tidak perlu menyewa ruang seminar khusus (karena IP/TV dapat diakses oleh setiap meja selama terkoneksi dalam satu LAN/WAN).

Kegiatan-kegiatan yang dapat didukung IP/TV

1. Training Karyawan

Pendidikan dan pelatihan karyawan strategi yang sangat vital bagi kesuksesan suatu suatu perusahaan dan peningkatan keahlian karyawan untuk karir mereka. Pelatihan yang biasanya dilakukan adalah dengan mengirimkan karyawan ke pusat-pusat training yang dapat menghabiskan anggaran yang cukup besar, belum lagi biaya akomodasi dan transportasi karyawan yang harus ditanggung oleh perusahaan selama mereka menjalani pelatihan. Oleh karena itu IP/TV dapat memberikan alternatif solusi, yaitu dapat memberikan pelatihan keahlian karyawan secara cepat dan kapan pun dibutuhkan (tanpa perlu waktu waktu perjalanan), tidak perlu memindahkan karyawan jauh dari tempat tugasnya, dan dapat menghemat budget untuk keperluan akomodasi dan travel karyawan selama pelatihan.

2. Distance learning

IP/TV dapat digunakan sebagai media untuk melakukan pelatihan/pendidikan jarak jauh (distance learning). IP/TV akan membawa semua informasi dalam suatu seminar atau konferensi atau kegiatan perkuliahan langsung ke komputer audience dengan siaran langsung satelit, kabel atau via internet. Distance learning ini dapat juga digunakan oleh divisi-divisi perusahaan untuk saling mengirimkan informasi yang dibutuhkan oleh bagian/karyawan yang masih memerlukan pelatihan/bimbingan di lapangan. Bila dilihat dari kepentingan pendidikan, universitas dapat memberikan kuliah jarak jauh kepada para mahasiswanya dari manapun ia berasal, dan kapan pun ia membutuhkan informasi itu. Feature IP/TV Question Manager dapat digunakan viewer untuk bertanya secara langsung (online) kepada instruktur/pengajar sehingga suasananya dapat berlangsung interaktif seperti di kelas.

Referensi onno.vlsm.org/v11/ref-ind-1/network/iptv-1998.rtf